Muffin & Cake Pisang Kacang - Monic's Simply Kitchen

Thursday, January 15, 2015

Muffin & Cake Pisang Kacang

resep muffin pisang kacang
muffin pisang kacang
Sebenarnya muffin pisang kacang ini adalah satu-satunya muffin yang saya buat dari adonan resep di bawah. Nah sisa adonannya saya tuang di loyang, dan jadi namanya cake pisang kacang. Cake ini saya buat untuk seorang teman, karena saya ingin tahu rasanya, makanya dibuat muffin sebuah saja, sekedar tester.

Kalau ternyata rasa muffin-nya tidak memuaskan, maka tentu batal donk..terpaksa nikmati sendiri..he he he..dan untung rasanya tidak mengecewakan, paduan rasa kacang dan pisang ternyata enak juga. Hmm jadi terpaksa cukup puas deh makan sebuah saja. Kapan-kapan ya buat lagi kalau mau...

Ini juga hanya gunakan 1 buah pisang cavendish, secara memang hanya sisa satu saja pisangnya. Jadi kacangnya agak banyak digunakan. Dan taburan kacang di atas muffin dan cake cukup boros juga jadinya. Hmmm bagi penyuka kacang, mari merapat....oh iya kacang yang saya gunakan adalah kacang tanah sangrai..kalau gunakan kacang mete atau almond malah lebih enak jadinya.

muffin pisang kacang
banana nut muffin
Kalau kacang pistachio?....hmmmm belum tahu..secara sampai saat ini saya belum pernah makan cake yang ada campuran kacang pistachio, apalagi buat cake sendiri, secara belum pernah ketemu kacang pisachio di sini. Dan belum berniat untuk beli online...secara mahal bok...

Untuk resep kali ini sama saja dengan resep banana cake tabur keju yang pernah saya buat, hanya dimodifikasi di bahan tambahan, tambahkan kacang dan kurangi jumlah pisangnya dengan taburan kacang tanah sangrai yang dihaluskan kasar.

Okey..lanjut ke resep...

Muffin & Cake Pisang Kacang
untuk loyang tulban (lubang di tengah) diameter 18 cm dan 1 buah muffin

Bahan :
  • 1 buah pisang cavendish matang (atau gunakan 2 buah pisang ambon/pisang barangan), haluskan dan campur dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/2 cup kacang tanah sangrai, giling kasar
  • 50 ml susu cair
  • 100 gr margarin
  • 25 gr butter
  • 200 gr terigu (saya gunakan tepung terigu serbaguna/segituga biru)
  • 1 sendok makan susu full cream (saya skip)
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir (saya gunakan gula pasir butiran halus)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • taburan sesuai selera (saya gunakan kacang tanah sangrai yang digiling kasar 1/4 cup)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  2. Siapkan loyang, oles margarin dan taburi dengan tepung
  3. Masak susu cair, margarin dan butter serta garam asal hangat saja, butter dan margarin meleleh, sisihkan sejenak
  4. Ayak tepung terigu, baking powder dan baking soda, sisihkan
  5. Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah asal gula larut (saya gunakan saja whisker dan kocok hingga gula sedikit larut)
  6. Masukkan campuran terigu, aduk rata (dengan whisker juga), tambahkan pisang dan kacang, aduk sebentar dan terakhir masukkan campuran butter, margarin dan susu cair, aduk rata kembali tetapi jangan sampai overnix
  7. Tuang ke dalam loyang dan cup muffin, taburi dengan bahan taburan
  8. Panggang selama kurang lebih 30-35 menit, atau ketika ditest tusuk, tusukan tidak basah lagi
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan

Nah semoga resep muffin dan cake pisang kacang ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera...


 

2 comments:

  1. wiiih ketje muffin nya teh.. pake taburan kacang ? hmm menggodaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya taburan kacangnya boros banget itu...belum kacang di dalamnya...sayang makannya cuma satu ini aja...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon