Resep Pull Apart Garlic Cheese Bread - Monic's Simply Kitchen

Sunday, October 26, 2014

Resep Pull Apart Garlic Cheese Bread

resep pull apart garlic cheese bread
resep pull apart garlic cheese bread

Ketemu resep pull apart garlic cheese bread ini ketika beberapa waktu yang lalu ada teman fb yang sharing link roti ini. Tertarik deh dan langsung buka linknya. Secara sudah terbayang menyantap roti rasa bawang putih dan keju..hmmm yummy..

Kali ini membuat pull apart garlic cheese bread menggunakan roti yang sudah jadi. Nah saya gunakan roti yang namanya batard, he he he saya tahunya namanya batard karena ada label namanya. Roti ini saya beli di carrefour. Batard sendiri pada dasarnya adalah french bread dan hampir sama dengan  baguette. Hanya ini bentuknya besar dan gemuk, tidak panjang seperti baguette.

Di resep asli sih hanya disebutkan lebih bagus untuk membuat pull apart bread ini menggunakan sourdough bread. Nah apa sih sourdough bread itu, intip-intip di wikipedia dikatakan bahwa sourdough bread itu adalah roti yang dihasilkan dari adonan dengan fermentasi yang lama menggunakan ragi/yeast dan lactobacilli/laktobasilus (sejenis bakteri).  Roti ini akan sedikit asam karena adanya asam laktat yang diproduksi oleh lactobacilli.

Nah untuk membuat pull apart garlic cheese bread ini cukup dengan cara memotong-motong roti tidak sampai putus membentuk diamond atau wajik. Lalu masukkan campuran butter dan bawang putih serta peterseli serta keju mozarella di antara tiap potongan dengan cara menyelipkannya. Nah nantinya kita menyantapnya tinggal menarik tiap potongan.

resep pull apart garlic cheese bread
cheese and garlic crack bread

Resep saya dapatkan dari recipe tin eats cheese and garlic crack bread. Kali ini karena saya hanya menggunakan stok yang ada di dapur saya, ada sedikit bahan yang saya modifikasi, seperti, unsalted butter saya ganti margarin (huff, jadi sedikit asin), peterseli segar saya ganti dengan peterseli kering. Keju mozarella saya ganti dengan keju quick melt dari kraft. 

Nah berikut resepnya saja ya...

Resep Pull Apart Garlic Cheese Bread

Bahan :
  • 1 crusty loaf, preferably sourdough or Vienna (saya gunakan batard)
  • ¾ cup shredded Mozzarella cheese (or other melting cheese) (saya gunkan keju quick melt kraft)

Garlic Butter
  • 100g/3.5oz unsalted butter, softened (saya gunakan 3 senok makan margarin)
  • 2 garlic cloves, minced (saya gunakan 4 siung bawang putih halus)
  • ⅜ tsp salt (saya skip karena margarin sudah asin)
  • 1 tbsp fresh parsley, finely chopped (saya gunakan yang kering)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius
  2. Lelehkan butter/margarin lalu campur semua bahan garlic butter
  3. Potong-potong roti secara diagonal dengan ukuran kurang lebih 2 cm, jangan sampai putus
    cara memotong roti
    potongan diagonal roti batard
  4. Masukkan campuran garlic butter ke celah-celah roti, lalu diikuti dengan keju parut (sedikit membutuhkan usaha, gunakan saja tangan untuk membuka celah-celahnya, tidak perlu rapi)
    cheese and garlic crack bread
    menyelipkan garlic butter dan keju
  5. Bungkus dengan alumunium foil, panggang selama kurang lebih 15 menit sampai keju sebagian besar sudah meleleh
  6. Buka bungkus alumunium foil, lanjutkan memanggang lagi selama kurang lebih 5 menit supaya permukaan roti renyah dan bagus
  7. Sajikan langsung

Nah bagaimana? tertarik untuk membuat pull apart garlic cheese bread ini? nah yang tertarik silakan mencoba ya..semoga sesuai selera...

Yang tertarik membuat garlic cheese bread dari awal membuat adonan bisa lihat di garlic cheese bread ya...
Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon