Double Chocolate Banana Bread ala Smitten Kitchen - Monic's Simply Kitchen

Friday, October 17, 2014

Double Chocolate Banana Bread ala Smitten Kitchen

resep banana bread smitten kitchen
cake pisang dobel coklat
Ada pisang yang sudah kematangan sekali, akhirnya memutuskan membuat double chocolate banana bread ala smitten kitchen. Nah mengapa saya memilih resep smitten kitchen, karena saya lihat kok bahannya mudah dan review pembaca terhadap resep ini cukup bagus.

Ya kalau diperhatikan memang smitten kitchen ini sudah cukup terkenal ya di dunia maya kuliner. Secara review pembaca sangat bagus sekali, dan banyak resepnya menjadi referensi orang-orang. Nah saya saja sudah mencoba 3 resep dari smitten kitchen termasuk yang ini. Hmmm semua enak...(menurut saya lho...). Salah satunya adalah pancake apel yang mudah sekali dibuat tetapi enak.

Nah jadinya ya langsung eksekusi saja resepnya secara pisang kematangannya tidak bisa menunggu lagi..keburu busuk. Dan hasilnya tralala...seperti penampakan di atas ya...Nah tadi begitu sudah matang saya mikir..mirip brownies pisang nih..dari segi rasa juga..jadi apa bisa dikatakan kalau ini brownies pisang dobel coklat?
banana bread smitten kitchen
double chocolate banana bread smitten kitchen
Untuk membuat banana bread ini, tidak membutuhkan mixer, bahan hanya diaduk-aduk saja. Jadi ini termasuk jenis cake/bread yang sangat saya suka. Kali ini saya hanya memodifikasi melted butter saya ganti dengan minyak canola. Untuk brown sugar saya ganti palm sugar/gula aren kemasan yang sudah berbentuk butiran. Yang dijual dalam kemasan 250 gr.  Di swalayan ataupun di toko bahan kue (tbk) ada yang menjual kok, bagi yang bingung beli di mana palm sugar ini.
palm sugar kemasan 250 gr
gula aren
Menurut saya banana bread coklat ini manisnya pas, nah bagi yang suka manis, bisa tambahkan sedikit gula arennya menjadi 1 cup ya, atau gula aren 3/4 cup + gula pasir 1/4 cup. Kembali kepada selera masing-masing ya.

Oh iya waktu memanggang di resep tercantum 55 - 65 menit, nah saya panggang tadi hanya 45 menit saja, saya test tusuk sudah matang. Jadinya saya tidak teruskan memanggang. Untuk memanggang menggunakan suhu 350 derajat Fahrenheit, atau sekitar 176 derajat Celcius.  Nah mungkin karena oven saya tidak ada indikator suhu dan saya set tadi di medium heat. Jadi itu mungkin ya yang berpengaruh kenapa saya memanggang lebih cepat.

Jadi waktu memanggang juga sesuaikan dengan oven masing-masing ya, waktu yang tertera di resep hanya referensi saja, lakukan test tusuk. Nah ada baiknya memang kenali oven masing-masing ya...

Ok deh sekarang lanjut ke resep ya...

Double Chocolate Banana Bread
(Smitten Kitchen)

3 medium-to-large very ripe bananas
1/2 cup (115 grams) butter, melted
3/4 cup (145 grams) brown sugar (I use dark here; either light or dark work)
1 large egg
1 teaspoon pure vanilla extract
1 teaspoon baking soda
1/4 teaspoon table salt
1/2 teaspoon ground cinnamon (optional; I skip it)
1 cup (125 grams) all-purpose flour
1/2 cup Dutch-process cocoa powder
1 cup (about 6 ounces or 170 grams) semisweet or bittersweet chocolate chunks or chips

Heat your oven to 350°F. Butter a 9×5-inch loaf pan, or spray it with a nonstick baking spray.
Mash bananas in the bottom of a large bowl. (You’ll have a little over 1 cup mashed banana total.) Whisk in melted butter, then brown sugar, egg, and vanilla. Place baking soda, salt, cinnamon (if using), flour and cocoa powder in a sifter or fine-mesh strainer and sift over wet ingredients. (My cocoa is almost always lumpy, so this is essential for me.) Stir dry and wet ingredients with a spoon until just combined. Stir in chocolate chunks or chips.
Pour into prepared pan and bake 55 to 65 minutes, until a tester or toothpick inserted into the center of the cake comes out batter-free. (A melted chocolate chip smear is expected, however.) Cool in pan for 10 to 15 minutes, then run a knife around the edge and invert it out onto a cooling rack. Serve warm or at room temperature.


Nah berikut resep yang saya buat ya...

Double Chocolate Banana Bread ala Smitten Kitchen

Bahan :
  • 3 buah pisang masak (saya gunakan pisang jenis sunpride)
  • 1/2 cup (120 ml) minyak canola (atau minyak goreng)
  • 3/4 cup palm sugar/gula aren butiran
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 cup tepung terigu protein rendah/kunci biru, atau bisa gunakan protein sedang
  • 1/2 cup coklat bubuk
  • 1/2 cup chocolate chips

Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius
  2. Siapkan loyang ukuran 22 cm x 10 cm, olesi dengan minyak lalu beri kertas roti (atau olesi margarin/butter kemudian taburi tepung)
  3. Di mangkuk ukuran sedang, lumatkan pisang dengan garpu, masukkan minyak, aduk rata, tambahkan telur dan gula aren, aduk rata
  4. Di mangkuk terpisah campur tepung terigu, baking soda, garam serta coklat bubuk (saya campur dengan balloon whisk)
  5. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran gula dan telur dengan cara diayak (saya tidak ayak, langsung saja), aduk cepat asal rata
  6. Masukkan choco chips, aduk rata, sisakan sedikit untuk taburan
  7. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan chocochips
  8. Panggang selama kurang lebih 45 - 65 menit (tergantung oven), atau test tusuk dengan tusukan sate atau tusuk gigi
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  10. Siap dinikmati

banana bread coklat
chocolate banana bread

Nah semoga resep  Double Chocolate Banana Bread ala Smitten Kitchen ini bisa menginspirasi ya untuk mengolah pisang kematangan menjadi banana bread. Selamat mencoba, semoga suka...




Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon