Chicken Teriyaki Tanpa Bumbu Instan - Monic's Simply Kitchen

Wednesday, October 22, 2014

Chicken Teriyaki Tanpa Bumbu Instan

ayam teriyaki
resep ayam saus teriyaki
Kali ini mencoba resep chicken teriyaki (ayam saus teriyaki) tanpa bumbu instan saori. Ingin mencoba membuat bumbunya sendiri. Ternyata sangat mudah sekali, dan yang jelas tidak pakai lama dan pastinya enak, tidak kalah dengan ayam teriyaki dengan bumbu instan. Tetapi yang tertarik dengan resep chicken teriyaki praktis, silakan lihat di resep chicken teriyaki saus saori ya...

Nah karena saya sukanya chicken teriyaki dengan tambahan sayuran maka kali ini tidak absen buncis dan kapri yang saya gunakan. Dan tidak afdol rasanya menikmati ayam teriyaki tanpa taburan wijen sangrai..he he he...

Untuk resep kali ini saya gunakan resep dari website mba Daisy Full Thyme Student. Judulnya saja sudah cukup menarik buat saya...how to make chicken teriyaki in 15 minutes. Wah mantap kan..membuatnya tidak pakai lama. Patut dicoba kan...

Hanya saja nih terdapat beberapa modifikasi bahan dan takaran, karena menyesuaikan stok yang ada di dapur saya. Walaupun begitu tetap mantap rasanya. He he he...semoga tidak berlebihan ya deskripsi saya mengenai rasa chicken teriyaki ini.

Tetapi ini yang menjadi masalah saya kalau membuat chicken teriyaki, ayamnya kelihatan pucat. Kenapa ya..apa karena ayam yang saya gunakan ya...jadi tentu saja warnanya tidak memikat sama sekali, harus disiram saus yang kecoklatan baru kelihatan agak sedikit mendingan. Hanya saja tadi saya kok malas untuk mengentalkan saus dengan tepung maizena dan saya beri tambahan kecap lagi. Jadi saus yang saya siram ke atas ayam cukup cair.

Nah sekarang lanjut ke resep ya...silakan...

Chicken Teriyaki

Bahan :
  • 3/4 cup low-sodium soy sauce (recommended: Kikkoman brand)
  • 1/4 cup light brown sugar, packed
  • 1 tablespoon rice wine vinegar (substitutes: lemon juice)
  • 1 tablespoon grated ginger
  • 2 garlic cloves, minced
  • 2 boneless skinless chicken breasts
  • Freshly ground black pepper
  • 2 teaspoons vegetable oil
  • Optional: 2 teaspoons water
  • Optional: 1 teaspoon corn starch
  • 2 green onions, green and white parts, sliced

Berikut bahan yang saya gunakan :
  • 1/4 cup / 60 ml kecap asin (saya gunakan merk ABC)
  • 3 sendok makan gula aren butiran (atau bisa gunakan gula merah sisir halus)
  • 1 sendok makan cuka apel (bisa ganti jus lemon atau air jeruk nipis)
  • 1 sendok makan jahe parut
  • 4 siung bawang putih, parut
  • 2 buah dada ayam tanpa kulit dan tulang (pukul-pukul dengan pemukul daging jangan sampai hancur)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok teh air (optional/saya tidak pakai)
  • 1 sendok teh tepung maizena (optional/saya tidak pakai)
  • 100 gr buncis, potong panjang
  • 50 gr kapri
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong memanjang
  • wijen untuk taburan

Cara membuat :
  1. Campur kecap asin, jahe parut, bawang putih parut, gula aren dan cuka apel, aduk rata hingga gula larut, sisihkan
  2. Taburi dada ayam dengan merica bubuk hingga rata
  3. Siapkan teflon anti lengket, beri minyak goreng, masak ayam hingga berubah warna, balik hingga berubah warna bagian baliknya
  4. Tuangkan campuran kecap asin, masukkan buncis, kapri dan bawang bombay
  5. Masak hingga ayam serta sayuran matang
  6. Angkat ayam dan sayuran, sisakan sausnya
  7. Jika suka kentalkan saus dengan larutan tepung maizena
  8. Iris ayam, hidangkan dengan sayuran, kucuri dengan saus, beri taburan wijen

Nah ternyata mudah dan cepat kan resep ayam teriyaki tanpa bumbu instan ini, semoga bisa menginspirasi ya..silakan mencoba dan semoga sesuai selera...


4 comments:

  1. kaya banyak banget bahannya tapi ternyata mudah ya mba..
    perlu dicoba nih.. tfs :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Oki, ternyata mudah buatnya...dan ternyata ga banyak juga bahannya..
      silakan mencoba..he he he bookmark dulu...antrian keberapa nih?

      Delete
    2. mba Moniic, akhernya udah bikin nih, tapi ayamnya takganti pake daging sapi. Enyaak mba, makasih resepnya yaa..
      seperti biasa, ijin copy resep yak :)

      Delete
    3. Akhirnya....wuih pake daging sapi enak juga tuh...ternyata mudah yak buatnya...
      Seperti biasa..dengan senang hati dicopy resepnya mba Oki, mangga atuh...thanks yak sudah mau nyobain..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon