Resep Pindang Tulang Pegagan - Monic's Simply Kitchen

Saturday, August 9, 2014

Resep Pindang Tulang Pegagan


Resep pindang tulang pegagan ini akhirnya saya eksekusi juga. Sudah cukup lama saya bookmark resep pindang pegagan ini dari blognya mba Rose. Di resep asli sih pindang ini menggunakan ikan patin, hanya saja saya tidak makan ikan patin makanya saya ganti saja dengan tulang sapi. Nah secara keseluruhan resep asli saya modifikasi sesuai selera saya ya...

Nah pindang pegagan ini juga bisa menggunakan ikan gabus ya...atau ikan baung juga. Hmmm yang belum tahu kenapa nama pindang ini adalah pindang pegagan, ini dia nih...sebenarnya pegagan itu nama suatu tempat di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Nah kalau di Palembang suka sekali nih ada yang jual pindang pegagan, ataupun pindang meranjat yang juga daerah di OKI.

Nah bedanya apa ya antara pindang pegagan dan pindang meranjat? Menurut yang saya baca-baca nih, pindang meranjat itu lebih berasa sekali terasinya (calok untuk istilah Palembangnya), sedangkan untuk pindang pegagan rasanya lebih mild. Kedua-duanya sama-sama menggunakan nanas sebagai sumber asamnya.

Unik sekali rasa pindang ini, segar deh apalagi dengan tambahan nanas dan daun kemangi, makin segar rasanya. Dan yang membuat tambah maknyuss adalah butiran cabai rawitnya itu..he he he...ya sebagai penyuka pedas maka dengan tambahan cabai rawit utuh ya kok jadi tambah enak ya.

Untuk masakan ini, di resep asli sih menggunakan gula ya, hanya saya tidak mau memasukkan gula, secara hubby tidak suka masakan manis karena gula. Nah sebagai penggantinya saya gunakan saja tomat..nah jadinya manisnya merupakan paduan dari tomat dan nanas, yang pastinya juga menyumbang rasa asam juga.

Nah yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri pindang tulang pegagan ini, maka ini dia resepnya ya...

Resep Pindang Tulang Pegagan

Bahan :
  • 1 kg tulang sapi
  • 2 genggam daun kemangi
  • 4 sendok makan air asam jawa
  • 1 buah nanas, potong sesuai selera
  • 30 butir cabai rawit
  • 1 batang daun bawang, potong kira-kira 2cm
  • 3 cm lengkuas, digeprek
  • 1 batang serai bagiam putihnya, dimemarkan
  • 1 buah tomat, bagi 6
  • 2 sendok makan kecap asin (sesuaikan dengan takaran garam ya)
  • 1000 ml air
  • garam secukupnya

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit 
  • 2 sachet terasi (10 gr)

Cara membuat :
  1. Rebus tulang sapi hingga lunak, buang buih-buih yang muncul
  2. Masukkan lengkuas dan serai, masak sebentar
  3. Tambahkan bumbu halus, aduk rata
  4. Masukkan nanas, cabai rawit serta tomat dan daun bawang, aduk rata, masak kembali hingga mendidih
  5. Tambahkan air asam jawa serta garam, dan kecap asin, aduk rata
  6. Cicipi rasanya
  7. Begitu akan diangkat, masukkan daun kemangi, aduk rata
  8. Siap disajikan
pindang tulang pegagan
pindang tulang pegagan

Nah mudah sekali kan membuat pindang tulang pegagan ini...silakan mencoba ya..semoga suka....
Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon