Resep Cilok (Mudah Ternyata) - Monic's Simply Kitchen

Monday, August 11, 2014

Resep Cilok (Mudah Ternyata)

cara membuat cilok
cilok (aci dicolok)
Akhirnya saya mencoba juga resep cilok ini...sudah lama sekali ingin buat, tetapi masih malas saja. Ternyata tidak susah untuk membuat cilok ini ya. Untuk resep kali ini saya gunakan resep cilok mba Ricke just ordinary kitchen. Sudah lama saya bookmark resep ini, karena sepertinya cukup mudah ya untuk membuatnya.

Cilok sendiri sudah cukup lama saya kenal nih, dulu waktu kuliah di Bandung suka juga iseng membeli cilok. Dulu sempat lucu juga dengarnya cilok, tetapi teman saya asli Bandung bilang kalau cilok itu artinya aci dicolok. Nah aci itu nama lain tepung tapioka. Selain cilok ada lagi temannya yaitu cireng, yaitu aci digoreng. Cireng ini dulu biasanya dijual oleh tukang gorengan. Hmmm dulu cireng ini juga menjadi salah satu gorengan favorit selain gehu dan bala-bala pastinya. Dan satu lagi yang menjadi favorit saya..nanas goreng..hmmm maknyuss sekali deh.

Kali ini saya membuat cilok dengan tepung tapioka biasa bukan tapioka merk sagu tani ya..ternyata enak juga kok. Hanya saja karena saya tidak menggunakan kaldu bubuk, rasanya agak sedikit hambar. Tetapi terbantu dengan saus kacang, saus tomat serta kecap pedas. 
Untuk saus kacangnya saya gunakan sisa saus kacang dari membuat sate madura sebelumnya. Saus kacang ini sudah cukup lama mendekam di dalam kulkas. 
Untuk saus kacang bisa juga gunakan saus kacang bumbu pecel ya..ini juga praktis kok..lebih praktis malah.

Karena saya kehabisan saus sambal, akhirnya saya gunakan saus tomat dan untuk kecapnya saya gunakan kecap pedas saja. Hmmm rasanya maknyuss ternyata... Yang tertarik dengan makanan murah meriah ini silakan mencoba sendiri ya....

Nah berikut resepnya ya.... dengan takaran yang saya rubah sedikit

Resep Cilok (Aci dicolok)

Bahan :
  • 200 gr tepung sagu tani atau tapioka (saya gunakan 1 cup/110 gr tepung tapioka)
  • 200 gr tepung terigu protein sedang (saya gunakan 1 cup/ 110 gr )
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam (saya gunakan 1/2 sendok teh)
  • 1 sendok teh kaldu bubuk (saya tidak pakai)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 400 ml air (saya gunakan air kaldu ayam, saya rebus tulang-tulang ayam dengan 400 ml air, kemudian saya sisihkan 250 ml air kaldunya)
  • 2 batang daun bawang, iris halus (saya gunakan 1 batang)
  • air untuk merebus cilok

Bahan saus kacang : (saya gunakan saus kacang sisa sate madura)
  • 100 gr kacang tanah, digoreng lalu dihaluskan
  • 3 siung bawang putih utuh , digoreng sebentar
  • 5 buah cabai merah (sesuai selera)
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam, merica bubuk, gula pasir (sesuaikan selera)
  • 500 ml air 
  • air jeruk nipis/lemon

Cara membuat :
  1. Campur tepung tapioka dan tepung terigu serta daun bawang, aduk rata lalu sisihkan
  2. Masak air kaldu dengan garam, bawang putih halus, merica bubuk dan gula pasir hingga mendidih
  3. Panas-panas masukkan air ke dalam campuran tepung, aduk dengan sendok (bisa sendok kayu, sendok nasi atau sendok makan juga bisa). Masukkan air kaldu secara bertahap ya sambil adonan diaduk. Jika sudah mulai kalis dan bisa dibentuk hentikan penambahan air
  4. Jika sudah hangat, ambil sedikit adonan dan bulatkan seperti bakso, letakkan di wadah yang sudah ditaburi tepung tapioka (mencegah lengket), lalukan hingga semua adonan habis
  5. Sementara itu siapkan panci dan isi air lalu didihkan
  6. Masukkan adonan yang sudah dibentuk, masak hingga mengapung, dan masak selama kurang lebih 10 menit
  7. Angkat lalu kukus hingga empuk dan matang

Cara membuat saus kacang :
  1. Blender kacang tanah halus, bawang putih dan cabai hingga halus. Tuangkan ke dalam panci, beri daun jeruk
  2. Masak hingga mendidih, mengental dan keluar minyaknya
  3. Beri garam, merica bubuk, gula pasir
  4. Cicipi rasanya
  5. Beri perasan air jeruk nipis/lemon lalu angkat


cilok
cilok
Sajikan cilok dengan saus kacang dan saus sambal atau saus tomat dan kecap manis..hmmm yummy...
Nah semoga resep cilok ini bermanfaat ya..silakan dicoba..semoga suka...

2 comments:

  1. Kebumen hadir.

    Saya sudah puluhanbtahun berjualan cilok ...lumayan hasulnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap mas Eko, semoga usahanya lanjut terus dan semakin berkembang ya...
      terima kasih sudah mampir...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon