Resep Chocolate Bark Praktis Ekonomis - Monic's Simply Kitchen

Saturday, June 21, 2014

Resep Chocolate Bark Praktis Ekonomis

chocolate bark praktis
chocolate bark

Mudahnya membuat chocolate bark kali ini...dan pastinya praktis dan ekonomis. Nah kalau diartikan chocolate bark itu adalah coklat kulit pohon. Pada dasarnya coklat bark ini adalah coklat lembaran yang ketika disajikan dipotong-potong atau dipecah saja.

Paling enak nih paduan kacang dengan coklat..dan kismis pastinya he he he...maka kali ini saya membuatnya dengan kismis dan kacang mete. Karena masih versi ekonomis maka tentu saja coklat yang saya gunakan adalah coklat dark jenis compound merk Mercolade. 
Kalau membuat dengan coklat putih ataupun coklat warna juga bisa pastinya. Sesuaikan saja dengan selera dan ketersediaan bahan. 

Nah yang masih bingung dengan jenis-jenis coklat yang ada maka silakan lihat di posting saya types of chocolate ya...bisa tahu perbedaan coklat compound dan couverture.

Membuat coklat bark ini mudah sekali lho...oh iya mengenai bahan isi silakan sesuaikan dengan selera masing-masing ya...untuk kacang-kacangan pastinya kacangnya harus disangrai atau dioven dulu ya..

Ok deh tanpa lama-lama berikut resepnya ya...

Resep Chocolate Bark Praktis Ekonomis

Bahan :
  • 200 gr dark coklat compound
  • 50 gr kacang mete sangrai
  • 50 gr kismis
Alat :
  • panci kecil
  • mangkuk stainless/kaca
  • alumunium foil secukupnya
  • loyang ukuran 20cm x 10cm x 4cm

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang, alasi dengan alumunium foil
  2. Potong coklat kecil-kecil lalu tim hingga meleleh
  3. Masukkan kacang mete dan kismis, aduk rata
    resep coklat bark praktis
    coklat bark
  4. Tuangkan ke dalam loyang, ratakan 
  5. Masukkan ke dalam kulkas, tunggu hingga mengeras
    chocolate bark
    chocolate bark after refrigated
  6. Keluarkan dari kulkas, potong-potong/patahkan saja dengan tangan
  7. Siap disajikan

cara membuat coklat bark
chocolate bark

Nah mudah sekali kan resep chocolate bark praktis dan ekonomis ini...silakan mencoba ya..semoga suka...


10 comments:

  1. Salam mbak...
    Mbak saya mau nanya, pada saat masukkan kedalam loyang, loyangnya di alasin kertas roti bisa?yang mbak contohkan kan pakai aluminum foil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sri...

      hmmm saya belum pernah coba ya mba pakai kertas roti saja...saya pakai alumunium foil karena yakin pastinya ga lengket. Nah berhubung ini tidak ada campuran bahan lain seperti susu kental manis seperti halnya coklat fudge yang cukup dialas kertas roti aja, makanya saya takut lengket mba kl pakai kertas roti. Tapi bisa dicoba kok..sedikit dulu mba cobanya...takut lengket..

      Delete
    2. Oke, thanks mbak Infonya, aluminum foil belinya di toko bahan kue ada mbak?

      Delete
    3. alumunium foil blm pernah beli di toko bhn kue sih mba..tp sepertinya ada kok..
      aku biasa beli di swalayan mba..plg sering aku beli di top 100..di daerah yg jual plastik wrap sm cup2 plastik..piring2 plastik..nah cari aja di daerah situ

      Delete
  2. Ya terima kasih mbakkk monic...ntr saya coba dech, senang ada yang mau ngajarin :) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he..sama-sama mba Sri..sama2 belajar juga kok...
      jgn bosan nanya ya..ntar kl aku ga bisa jawab..kita mikir bareng2..ha ha ha

      Delete
    2. Mbak kacang mede ga dipotong kasar ya?langsung dimasukkan ya?

      Delete
    3. Hai mba Sri..kacang metenya ga dicincang kasar..hanya dibelah 2 saja di bagian tengah yg ada parting line/garisnya..kalau mau dicincang ga pa pa juga kok, sesuai selera..kalau aku sih sukanya malah utuh kacangnya..cuma lama ntar sangrainya kalau utuh..he he he

      Delete
  3. Salam knal mba....
    Mba klo Kacang nya mau di oven itu butuh waktu brapa lama ya klo pake yang utuh????
    Trus nyari hazelnut dimana ya??? Aku cari muter2 ga ada hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba...
      kalau dioven saya kurang tahu pasti berapa lamanya mba..coba dulu set oven di suhu 180 derajat celcius kemudian panggang selama 10-15 menit, kemudian bisa dicek sudah matang apa belum..kalau belum ya lanjutkan memanggang, setiap 5 menit dicek..setahu saya kalau di Batam, hazelnut ada di hypermart mba...nah kalau di tempat lain ga tahu mba..coba cek di toko bahan kue siapa tahu ada..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon