Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken - Monic's Simply Kitchen

Tuesday, May 20, 2014

Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken

diet rendah sodium
Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken
Menu yang sedikit ekstrim untuk diet rendah garam yaitu garlic lemon chicken dengan oatmeal. Dari judulnya saja sudah terbayang kan rasanya? Ya boleh dikatakan menu masakan saya kali ini rasanya sedikit hambar. Garam hanya saya tambahkan sedikit saja pada sambal mentah cabai rawitnya. Ayam, oatmeal serta pare tanpa tambahan garam.

Nah mulai sekarang saya akan mencoba untuk membuat menu diet rendah garam...ini baru yang pertama, semoga selanjutnya jalan terus ya. Mengapa saya memutuskan untuk mulai menerapkan diet rendah garam? Pasti ada latar belakangnya kan? Ok deh..saya itu sebenarnya suka sekali dengan makanan cita rasa asin gurih..walaupun manis juga suka. 

Ketika mulai mengandung Sophie, tekanan darah saya selalu tinggi, ya selalu tekanan sistoliknya berada di angka 120 - 150 mmHg. Nah setelah Sophie lahir kok ya tekanan darah tidak ikutan menurun ya... Makanya nih terkadang saya suka pusing jika mulai menyantap makanan yang cenderung asin. Nih pernah kejadian ketika memasak capcay dengan perpaduan sosis, bakso daging sapi serta penambahan kecap ikan, setelah makan maka saya merasakan pusing yang sangat hebat. Hmm tahu donk pastinya ini karena perpaduan klop makanan asin.

Kemudian jika sudah mulai makan bakso malang di tempat langganan, ya suka pusing juga. Ya pastinya sadar juga kalau penyebabnya selain asin gurih kuah bakso ya pasti baksonya yang mengandung daging sapi. Lalu sebut saja ketika mulai makan ikan sarden kalengan.
Jadi kesimpulannya saya tidak cocok dengan makanan tinggi garam (natrium/sodium).

Nah apa yang terjadi jika tubuh terlalu banyak asupan garam? Maka ginjal akan kesulitan untuk mengeluarkan natrium melalui urin dan akibatnya maka natrium akan terakumulasi dalam darah. Karena sifatnya yang menarik dan menahan air maka tentu saja volume darah akan meningkat sehingga akan menyebabkan tekanan darah juga meningkat. Istilah tekanan darah meningkat ini hipertensi. Nah hipertensi bisa menyebabkan komplikasi berupa stroke, gagal jantung, gagal ginjal serta kerusakan pada mata.

Untuk mencegah terjadinya hipertensi tentu saja dengan perubahan pola hidup, yaitu dengan mengatur pola makan, tubuh selalu aktif serta mengontrol berat badan. Nah jika sudah mulai mengalami gejala hipertensi segera lakukan perubahan pola hidup..ya walaupun susah ya...

Ok deh ke depan saya akan mencoba untuk posting menu diet rendah garam yang saya coba ya...tentu saja tidak hanya menyantap menu ini untuk mengurangi gejala hipertensi tetapi harus juga membatasi asupan makanan bersodium/natriun tinggi. Perhatikan untuk selalu membaca label di kemasan jika membeli produk kemasan. Nah untuk sementara kita say no dulu untuk sosis, bakso, keju, makanan kaleng, kecap, saus botolan (sambal, tomat, spaghetti dll saus dengan kadar garam tinggi), tauco, terasi dan makanan olahan lain dengan kadar sodium tinggi. Ke depan semoga karena sudah terbiasa jadi bisa mengurangi penggunaannya...

Selain rendah garam, menu yang saya buat ini merupakan menu rendah lemak dan pastinya rendah kalori. Jadi say no juga untuk mentega, butter cookies, cake tinggi kalori. Nah menu pertama adalah garlic lemon chicken. Jadi bahan yang digunakan adalah dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit. Ayam dilumuri dengan bawang putih yang digeprek, merica serta tentunya air jeruk lemon (tanpa garam, tetapi jika tidak tahan dengan hambarnya, beri sedikit saja jangan berlebih)

Supaya menambah rasa, saya buat sambal mentah dengan kompisisi cabai rawit, bawang putih, tomat serta air jeruk lemon dan sedikit garam. Untuk sayurnya saya gunakan pare rebus tanpa tambahan garam saat merebus, dan sebagai sumber karbohidrat saya gunakan oatmeal. Sayur tentu saja bisa diganti dengan sayur jenis lain ya...hanya saja saya buat ekstrim begini karena saya mau mengurangi efek tidak nyaman pada tubuh dengan cepat.

Ya tentu saja bagi yang tidak terbiasa dengan oatmeal bisa tetap menyantap nasi. Nah bagi yang mau diet rendah garam sekaligus mengurangi berat badan maka tentu saja oatmeal lebih baik dari pada nasi putih. Karena oatmeal berkadar serat tinggi dan baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Selain itu oatmeal mempunyai indeks glikemik lebih tinggi yang membuat kita bisa kenyang lebih lama.

Yang tak kalah penting sebelum saya lupa, selalu minum air putih yang banyak ya...percaya deh, jika menyantap makanan ini disertai dengan minum air putih yang banyak tanpa menyantap makanan lain, efeknya akan segera terasa keesokan harinya, badan terasa lebih ringan dan bonusnya berat badan berkurang.

OK deh sekarang langsung saja ke resepnya ya....

Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken

Oatmeal, oatmeal instant yang diseduh dengan air panas, takaran disesuaikan sendiri
Pare, 1 buah pare yang direbus tanpa diberi garam
Garlic Lemon Chicken
Bahan :
  • 2 buah dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  • 1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 5 buah bawang putih, digeprek
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1-2 sendok makan minyak canola untuk grilled

Cara membuat :
  1. Lumuri ayam dengan jeruk lemon, parutan kulit lemon, bawang putih serta merica
  2. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  3. Siapkan pan datar, beri minyak, panaskan
  4. Masak ayam  hingga matang
  5. Angkat dan siap dihidangkan
Jika suka manis, boleh tambahkan madu ketika marinate ayamnya ya..supaya lebih menambah rasa...
Sambal Mentah Bawang Putih

Bahan :
  • 10 buah cabai rawit merah/rawit setan
  • 10 buah cabai rawit hijau
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 3 buah bawang putih
  • 1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
  • 1/4 sendok teh garam
  • sedikit air matang

Cara membuat :
  1. Haluskan cabai, tomat serta bawang putih dengan sedikt air matang dengan menggunakan blender
  2. Tuangkan ke dalam mangkuk
  3. Beri garam dan air jeruk lemon, aduk rata
  4. Siap dihidangkan

Nah bagi yang suka manis, bisa ditambahkan sedikit gula pada sambalnya....supaya menambah rasa juga..

Ok deh semoga posting saya Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken bermanfaat ya...jika suka silakan mencoba ya...
Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon