Ampela Jagung Manis Saos Tiram - Monic's Simply Kitchen

Sunday, May 4, 2014

Ampela Jagung Manis Saos Tiram

ampela jagung manis saos tiram
Ampela Saos Tiram

Hmmm maknyussnya ampela jagung manis saos tiram ini. Yup tadi makan siang dengan lauk ampela saos tiram ini. Wah dengan banyaknya cabai rawit baik itu yang rawit merah dan rawit hijau menjadikan lauk ini menjadi sangat lezat menurut saya..ya iyalah ya..secara penggemar pedas. Alhasil tadi makan sambil hua hua kepedasan..he he he...

Ini namanya memberdayakan bahan-bahan yang tersedia di kulkas saja. Tadinya mau dimasak tauco saja..tapi sedang tidak mood mau makan yang asin-asin. Secara kan kalau tauco rasanya ya lebih asin walaupun tidak menambahkan garam. Nah kalau memakai sedikit saja tauconya kurang berasa. Akhirnya saya membatalkan niatan tersebut.

Nah masakan kali ini benar-benar hasil modifikasi sendiri. Sesuka saya saja memasaknya. Tetapi hasilnya tidak mengecewakan lah yau.. Tadinya sempat berpikir nih enak kali ya kalau dicampur buncis atau kapri..tetapi ya kok malas mau ke pasar, ya sudah karena masih ada jagung manis, saya gunakan saja itu. Hmmm dengan jagung manis ya laziz donk.

Hmm karena memasak ampela, nih kan kadang-kadang eh malah sering ampela itu agak amis ya walaupun sudah kita masak dengan bumbu. Nah untuk menghilangkan amisnya tadi saya gunakan saja cuka apel. Walaupun sebenarnya dengan jeruk nipis bisa. Hanya saja karena ingin mencoba yang lain makanya saya gunakan saja cuka apel. Hasilnya..hmm enak hilang bau amisnya. Jadi setelah ampela dipotong-potong, marinate dengan cuka apel selama 15 - 20 menit. Hmmm mau tahu manfat lain cuka apel? silakan baca cuka apel dan manfaatnya. Atau mau melihat resep saya yang lain yang menggunakan cuka apel, silakan lihat di ayam goreng cuka apel dan ayam bakar brokoli wortel.

Deskripsi rasa masakan ini kalau bisa saya katakan yang pasti pedas (itu kalau cabai rawitnya sudah digerus pakai sendok), kemudian gurih dan ada rasa manis walaupun saya tidak menambahkan gula (rasa manis didapat dari perpaduan tomat, bawang bombay dan tentu saja jagung). Nah kemudian yang pasti ada rasa asam karena saya menambahkan asam kandis. Hmmm bagaimana rasanya? kalau penasaran dan tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri silakan ya....

Nah sekarang langsung saja ke resepnya ya..mari....

Ampela Jagung Manis Saos Tiram

Bahan :
  • 8 buah ampela, potong-potong sesuai selera
  • 3 sendok makan cuka apel atau air jeruk nipis
  • 1 buah jagung manis, disisir
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran besar
  • 5 siung bawang putih, dicincang
  • 8 buah cabai rawit merah/rawit setan
  • 10 buah cabai rawit hijau
  • 5 butir asam kandis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm jahe, digeprek
  • 1 buah tomat, belah 6 memanjang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Marinate ampela dengan cuka apel selama 15 - 20 menit
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  3. Masukkan cabai rawit merah dan hijau, daun jeruk, daun salam, jahe dan asam kandis, aduk sebentar
  4. Masukkan ampela, aduk hingga ampela berubah warna
  5. Tambahkan jagung dan tomat, aduk sebentar
  6. Tambahkan air, masak hingga ampela matang
  7. Tambahkan saos tiram dan garam, aduk rata
  8. Cicipi rasanya
  9. Masak  hingga air agak menyusut
  10. Angkat dan hidangkan

Nah semoga resep ampela jagung manis saos tiram ini bermanfaat ya..semoga tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah..semoga suka...



Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon