Cake Pisang Chocochips Kukus - Monic's Simply Kitchen

Saturday, April 5, 2014

Cake Pisang Chocochips Kukus

cake pisang kukus
Cake Pisang Chocochips Kukus
Cake pisang chocochips kukus yang saya posting kali ini sebenarnya sudah lama sekali saya buat, yaitu pada bulan Mei 2013..wow sudah hampir setahun yang lalu ya...he he he..ya kebetulan ketika melihat file-file di komputer melihat ada foto cake pisang chocochips kukus ini.

Nah resep cake pisang ini saya menggunakan resep cake kukus pisang & chocochips mba Endang JTT, nah untuk cake pisang yang saya buat ini rasanya benar-benar moist, enak, manis dan juga pastinya padat. Karena cake ini tidak memerlukan mixer untuk mengolahnya, jadi ya seperti biasa cake favorit saya, tinggal aduk-aduk bahan saja..tuang di loyang..kukus dan jadi deh..Nah untuk jenis cake yang aduk-aduk saja selain dari penggunaaan baking powder yang berpengaruh dengan pengembangannya juga cara mengaduk adonannya. Sekedar sharing tips membuat cake bisa dilihat di Tips Membuat Cake dan Muffing dengan Sukses

Tetapi kali ini saya gunakan baking powder yang saya beli di swalayan ya..merek kupu-kupu..nah sepertinya baking powder jenis ini merupakan baking powder jenis single acting. Jadi cake tidak bakal mengembang dengan wow jika menggunkan baking powder jenis ini.

Nah pada dasarnya setelah saya perhatikan resep asli mba Endang hampir sama dengan resep banana bread yang sudah saya posting sebelumnya. Hanya saja yang ini versi kukusnya. 
Untuk pisang yang saya gunakan yaitu tetap pisang berangan, makanya hasil cake berwarna agak kuning ya..karena pisang berangan cenderung berwarna agak kuning. Nih apalagi saya melumatkan pisangnya tidak begitu halus. Resep asli menggunakan pisang ambon ya..

Ok deh kalau begitu langsung ke resep ya...

Cake Pisang Chocochips Kukus

Bahan :
  • 250 gr pisang berangan/ambon (saya gunakan 5 buah pisang berangan)
  • 220 gr tepung terigu protein sedang (2 cup)
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 gr gula pasir (3/4 cup gula pasir)
  • 100 ml susu cair
  • 1 sendok teh vanila
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas
  • 100 ml mentega/margarin cair
  • 150 gr chocochips (saya gunakan hanya 75gr)
  • 100 gr yogurt

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban, olesi margarin dan taburi tepung, sisihkan
  2. Ayak tepung terigu, baking powder, baking soda di mangkuk ukuran sedang, tambahkan garam, aduk rata
  3. Di mangkuk ukuran besar tempatkan pisang yang sudah dilumatkan
  4. Kemudian masukkan campuran tepung ke dalam mangkuk yang berisi pisang, aduk rata
  5. Tambahkan gula pasir dan vanila, aduk rata
  6. Tambahkan telur kocok dan susu, aduk seperlunya saja
  7. Tuang mentega cair ke dalamnya, dilanjutkan dengan chocochips dan yogurt
  8. Aduk cepat asal rata tetapi harus memperhatikan agar mentega cair tidak menggumpal di bagian bawah mangkuk
  9. Tuang ke dalam loyang
  10. Kukus adonan di dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga air mendidih
  11. Jangan lupa untuk menutup tutup kukusan dengan lap bersih supaya air tidak terkena ke adonan cake
  12. Kukus selama kurang lebih 50 menit
  13. Test tusuk cake dengan tusuk sate
  14. Matikan api, buka tutup kukusan dan biarkan cake dingin
cake pisnag kukus chocochips
Cake pisang chocochips kukus

Nah mudah-mudahan resep cake pisang chocochips kukus di atas cukup mudah ya...silakan mencobanya..semoga suka...


Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon