Asam Pedas Ayam - Monic's Simply Kitchen

Thursday, April 10, 2014

Asam Pedas Ayam

cara membuat asam pedas ayam
Asam Pedas Ayam
Resep asam pedas ayam kali ini merupakan modifikasi dari resep ikan merah masak asam pedas milik kak Yatie asal johor bahru... walaupun ada bahan yang sama sekali asing bagi saya yaitu daun kesom/kesum...dan tidak pernah lihat ada yang jual di pasar. Jadi daun kesom ini daun yang biasa digunakan untuk membuat laksa katanya. Nah ada baca juga daun kesom ini bisa juga diganti dengan daun kemangi.
daun kosum
Daun Kosum/Kesum (pict source : eastlass )
Waktu ke pasar berharap ada yang jual daun kesom, ternyata tidak ada..hmmm penonton kecewa..he he he..ya tetapi tidak mengapa..saya gantikan saja dengan daun kemangi.

Nah di resep menggunakan bunga kantan...bunga macam apa pulakkah itu? ternyata bunga kantan adalah kecombrang atau kincung seperti yang disebutkan oleh penjual di pasar. Nah saya membeli 2 batang kincung ini dengan harga 4 ribu rupiah. Saya tidak tahu ini mahal ata murah..soalnya baru pertama kali saya membeli kincung. Tetapi penjualnya bilang kalau kincung sedang mahal sekarang. Satu kilonya seharga 25 ribu rupiah. Hmm untung saja saya membeli cuma sedikit.
kincung atau kecombrang
Bunga Kantan / Kecombrang / Kincung

Nah blog kak Yatie ini menggunakan bahasa Melayu, jadi agak sedikit bingung juga ya... tetapi pastinya terbantu dengan adanya google...bahasa Melayu memang kadang sedikit sulit dimengerti apalagi nih buat saya yang tidak terbiasa dengan bahasa ini. Ingat  teman saya satu kantor dulu Andry Watriana, dia lahir dan besar di Tanjung Pinang, nah kadang-kadang dia suka sekali menggunakan bahasa melayu..ini kata-kata yang sampai sekarang saya hafal yang sering diucapkannya...kembang tekak (rasa mual/mau muntah).. comel (bagus/cantik)...berambus (pergi)..
Tetapi nih kalau sering menonton serial Ipin Upin pasti terbiasa ya dengan bahasa Melayu..betul..betul..betul...

Ada beberapa modifikasi yang saya buat dari resep kak Yatie, seperti yang saya sebutkan di atas tadi, daun kosum/kesum saya ganti dengan daun kemangi. Ikan saya ganti dengan ayam. Asam jawa saya ganti dengan asam kandis. Merica hitam saya ganti dengan merica bubuk putih. Nah yang jelas pastinya jumlah cabainya serta penggunaan cabai rawit merah pada resep saya ini, sehingga resep ini benar-benar asam pedas ayam yang pedas...Serai tidak saya ketuk-ketuk (bahasa kak Yatie) tetapi saya haluskan bersama dengan bumbu halus lainnya. Kenudian saya juga ada tambahkan daun jeruk, lalu supaya lebih mantap asamnya saya beri perasan jeruk nipis...hmmm terbayang kan rasanya...

Ketika matang sebelum ditambah daun kemangi, rasanya benar-benar rasa asam pedas menurut saya.. ketika dimasukkan daun kemangi..maka rasanya seperti ayam rica-rica..nah lho...he he he...tetapi ayam rica-rica asam pedas... Ya mungkin karena beda rasa kali ya daun kemangi dan daun kosum/kesum itu...jadi tidak tahu ya soalnya belum mencoba sendiri dengan daun kosum ini. Nah kalau tidak mau ada rasa daun kemangi yang mengganggu rasa asam pedas ini, maka skip saja ya daun kemanginya.

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...

Asam Pedas Ayam

Bahan :
  • 1/2 kg daging ayam, potong sesuai selera (saya gunakan yang tanpa kulit)
  • 2 buah jeruk nipis (1 buah untuk melumuri ayam, dan 1 buah lagi untuk dicampur di asam pedas)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 buah asam kandis
  • 2 buah kecombrang/kincung/bunga kantan, masing-masing belah 4
  • 2 buah tomat ukuran sedang, masing-masing belah 4 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya jika suka (saya skip)
  • minyak untuk menumis
  • air secukupnya (kurang lebih 300ml)
Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 15 buah cabai rawit merah/cabai rawit setan
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 sachet terasi 
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Haluskan bumbu halus, saya gunakan blender dengan diberi sedikit air
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, aduk
  4. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna
  5. Tambahkan air
  6. Masukkan asam kandis, masak hingga ayam matang dan air mendidih
  7. Tambahkan tomat, bunga kantan, biarkan agak layu
  8. Kemudian masukkan daun kemangi, aduk rata
  9. Tambahkan garam dan merica bubuk, cicipi rasa
  10. Sesaat sebelum diangkat beri air jeruk nipis
  11. Angkat dan hidangkan
Enaknya menikmati asam pedas ayam ini dengan sepiring nasi putih hangat..yummy...
asam pedas ayam
Asam Pedas Ayam dengan nasi hangat

Nah begitu deh resep asam pedas ayam ala saya....semoga tertarik dan silakan mencobanya ya,,semoga suka..



Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon