Pizza Topping Jamur (Mushroom Pizza) - Monic's Simply Kitchen

Wednesday, January 1, 2014

Pizza Topping Jamur (Mushroom Pizza)



Pizza Topping Jamur yang mudah dibuat
Pizza Jamur
Sebenarnya tidak ada niat mau membuat pizza, tetapi berhubung ada stok keju mozarella yang sudah cukup lama mendekam di dalam kulkas, jadi tanggal 31 Desember sudah menyiapkan adonan roti buat pizza. Karena stok topping yang tersedia hanya jamur ya sudah, jamur saja yang dipakai.

Ada sih sebenarnya tuna kaleng, tetapi kalau topping tuna, yang makan pizza saya saja, bapaknya Sophie alergi seafood makanya tuna kaleng tidak bisa dijadikan topping saat ini, alternatifnya ya jamur saja. So simple sekali kan toppingnya...

Resep ini sudah sering saya pakai dan berkali-kali pakai resep ini....
Resep rotinya saya dapat dari websitenya Mbak Endang Indriani JTT. Nah ini ada info yang bisa dijadikan ilmu yang saya dapat dari Feeling Foodish, thanks buat Marie yang sudah membagikan tips yang berguna ini...berikut saya tampilkan point2 penting saja ya dari Feeling Foodish:
  1. Gunakan selalu tepung qualitas baik, tepung protein tinggi adalah yang terbaik (di Indonesia yang terkenal ya tepung Cakra Kembar dari Bogasari, walaupun ada merk lain
  2. Gunakan ragi instant secukupnya, kalau terlalu banyak adonan kita bakalan tidak berasa bahkan bisa terasa tidak enak.
  3. Selalu gunakan kulkas, disebut juga metode cold rise dimana adonan difermentasikan antara 24 sampai 72 jam, nah yang ini terbukti...rasa roti lebih enak...saya sudah buktikan.. SLOW RISE = much better flavor
  4. Gunakan timbangan daripada measuring cup, hasil akan lebih akurat....tetapi berhubung saya tidak punya timbangan, maka saya tetap memakai measuring cup...
  5. Campur minyak pada tahap terakhir sehingga tepung bisa lembab dengan baik, saya pernah mencobanya tapi kok rasanya tidak ada bedanya so supaya gampang saya campur aja air dan minyak dalam gelas ukur.
  6. Jangan gunakan rolling pin untuk menata adonan dalam loyang
  7. Pastikan oven sudah panas
Nah ada tips yang saya lupa baca dimana katanya kalau mau memanggang pizza pastikan set di suhu paling tinggi maka hasilnya akan chewy di dalam dan garing di luar...apa ini tips dari orang yg komen di blog ya..lupa...
Nah berhubung oven saya tidak ada penunjuk suhu so saya set di maximum heat...dan berdasarkan hasil percobaan, cukup panggang selama 8-10 menit saja.

Ada juga yang review kalau adonan roti dikasih bumbu akan lebih enak rasanya, bumbu apa? he he he bawang putih bubuk misalnya...
Kalau saya supaya lebih mantap (menurut saya) saya tambahkan bawang putih bubuk dan mix herbs...tidakcukup, saya tambahkan lagi dried oregano..he he he


Dan dengan sedikit modifikasi inilah resepnya :

Pizza Topping Jamur 

Menikmati potongan pizza topping jamur
Pizza jamur sliced
Untuk ukuran 1 loyang pizza diameter 22 cm

Bahan roti :
  • 1 cup tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sdt ragi instant
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt mix herbs
  • 1/2 sdt dried oregano
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml air es
  • 15 ml minyak canola (atau minyak goreng biasa atau minyak zaitun)
 Bahan saus :
  • 2 sdm saus tomat botolan, jika suka bisa tambahkan 1 sdm saus sambal
  • 1/4 sdt mix herbs
  • 1/4 sdt dried oregano
  • 1/4 sdt bawang putih bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm air 
Bahan topping :
  • Apa saja sesuai selera, saya menggunakan jamur kalengan sekitar 8 - 10 buah diiris 
  • Keju mozarella atau keju quick melt

Cara membuat :
  1. Satu sampai tiga hari sebelumnya siapkan adonan roti....
  2. Dalam mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu, ragi instant, aduk rata
  3. Tambahkan mix herbs, dried oregano, bawang putih bubuk dan garam, aduk rata
  4. Dalam gelas ukur tuang air es dan tuang juga minyak
  5. Tuangkan campuran air dan minyak ke dalam campuran tepung, biarkan sejenak
  6. Mulai uleni adonan kurang lebih selama 5 menit, bentuk bulat seadanya, bisa tetap di dalam mangkuk tanpa harus mengangkat adonan, tutup dengan plastik wrap.
  7. Simpan dalam kulkas selama 1 sampai 3 hari.
  8. Ketika akan digunakan, keluarkan adonan, tata di loyang, biarkan kurang lebih 1 jam di suhu ruang.
  9. Panaskan oven kurang lebih 10 menit, tergantung oven masing-masing ya
  10. Untuk membuat saus cukup campurkan semua bahan, aduk rata
  11. Oleskan saus di atas adonan roti, bisa menggunakan sendok, ratakan
  12. Tata jamur di atasnya, taburkan keju mozarella parut 
    Pizza sebelum dipanggang
  13. Panggang kurang lebih selama 8 - 10 menit
  14. Keluarkan dari oven, santap ketika hangat sehingga keju mozarella masih meleleh.yummy........




Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon